Iklan

Selasa, 29 Januari 2013

Bedah Mesin Honda CB150R StreetFire

Perhatikan Honda CB150R StreetFire

FrameRangka
bengkelsepedamotor cb150r 11bengkelsepedamotor cb150r 12 

Secara resmi AHM menyebut bentuk rangkanya “Truss Frame” sebetulnya untuk sepedamotor lebih umum disebut Trellis Frame (bukan teralis) sudah lama juga Honda menggunakan jenis rangka trellis ini yaitu pada model VTR250. Jarak as roda depan-belakang 1.288mm, lebih pendek  daibanding CBR150 1.310mm, makin pendek makin lincah dalam pengendalian.

Yang  perhatikan adalah posisi lengan ayun didalam rangka (biasanya street-sport Honda selalu swingarm ditempatkan diluar rangka utama) – Swingarm dipeluk oleh rangka. Kemudian penggunaan Pro-link dimana awal ayunan roda belakang diredam lembut, namun jika berayun makin jauh pro-link akan memberi reaksi redaman makin keras, pengendalian sepedamotor menjadi lebih nyaman dan mantap. Bukan cuma ban yang tubeless, bagi bengkelsepedamotor perhatikan dulu peleknya kalau ada tulisan “FOR TUBELESS” baru berani pakai ban tubeless, bibir peleknya beda, jangan ambil resiko pasang ban tubeless dipelek yang tidak sesuai.
Mesin
bengkelsepedamotor cb150r 02bengkelsepedamotor cb150r 12CB150R StreetFire menggunakan mesin 4 langkah dengan spesifikasi paling tinggi, DOHC 4 valve, pendingin cairan dan sistem pemasukan injeksi bahan bakar PGM-FI, transmisi 6 speed. Kalau ada penunjuk posisi gigi transmisi di panel instrumen jadi lebih asik lagi 

Posisi pompa sirkulasi pendingin cairan yang terletak di cover crankcase sebelah kanan, kesimpulannya mesin ini memang dari awal sudah didesain untuk mesin dengan pendingin cairan,  untuk menghasilkan efisiensi pendinginan paling baik.

Secara pribadi  tanpa titipan maupun tekanan dari pihak manapun memilih CB150R StreetFire sebagai sebagai Naked Sport Bike Terbaik 2013.

0 komentar:

Posting Komentar