Planet Otomania | Berita Otomotif Terbaru 2013

Seputar Info terbaru dunia otomotif

CB150R vs CBR


hay gaysss..... bagi anda penggila Honda CB150R dan CBR bisa melihat artikel dibawah ini. 

Mesin
Spesifikasi resminya adalah Honda CB150R Streetfire yang mengusung konsep naked-sport diperkuat mesin kapasitas 150cc, 4 langkah, DOHC, 4-Katup, 6 percepatan. Motor ini disematkan berpendingin cairan (Liquid-Cooled).
Mesin 150 cc diakui memiliki tenaga maksimum 12,5 kW (17,00 PS) pada putaran mesin 10.000 RPM dan torsi maksimum 13,1 Nm (1,34 kgf.m) pada 8.000 RPM.

Mesin yang diambil dari Honda CBR150R ini diklaim mampu menghasilkan kecepatan maksimum 122 km/jam serta akselerasi 0-200 meter hanya 10,6 detik.
Konsumsi bensin
Mesin 150 cc yang dikawinkan dengan PGM-FI yang diklaim memenuhi standar emisi gas buang Euro2, berhasil mencatat konsumsi BBM 36 km/liter. Upaya ini dilakukan demi menjaga lingkungan di Tanah Air. Hal ini sejalan dengan rencana Honda yang mendeklarasikan sistem injeksi pada setiap modelnya tahun depan.

“Teknologi PGM-FI yang diusung namun perfoma luar baisa dan ramah lingkungan. Ini salah satu keuntungan CB150R,” demkian Eijiro Asakawa.
Mengenai tidak adanya sensor O2, “Tidak perlu sensor O2, karena sudah injeksi,” tutupnya.
Rangka
Model ini didesain menggunakan rangka inovatif tipe truss atau trellis yang ringan namun memiliki kekuatan yang tinggi. Rangka ini dirancang khusus untuk menunjang mesin, memaksimalkan kinerja sistem suspensi Pro-Link dan mengurangi getaran mesin secara optimal, sehingga menghasilkan kestabilan, kelincahan dan kenyamanan selama berkendara.

“Desain speedy shape dengan rangka inovatifnya truss frame. Ini kehandalan lainnya pada CB150R Stretfire. Saya harap konsumen akan suka motor sport ini,” imbuhnya.
Perbedaan dengan CBR150R
Ia juga menambahkan, pada bagian mesinnya sudah mengalami perubahan sehingga tidak sama persis dengan CBR150R. Beberapa perubahan di bagian mesin di antaranya yaitu gear rasio, timing valve untuk mengejar pemakaian dalam kota.

“Model CB150R mengadopsi desain speedy shape. (Slim, light, high, performa image). Sementara bagian mesin seperti timing valve, gear rasio, dengan perubahan ini, mesin CB150R yang juga turunan dari CBR150R memiliki performa terbaik di kelasnya dan cocok untuk dikendarai di perkotaan,” tukas pria asli Jepang itu.
Asakawa juga menegaskan, rangka CB150R kini lebih ringan 800 gram dari rangka CBR150R. Pengurangan bobot tersebut untuk mendapatkan performa yang baik pada CB150R.
“Frame, dengan truss, telah diikuti dengan akurasi yang tepat, frame ini lebih ringan 800 gram dari CBR150. Dan untuk kaki-kaki tetap menggunakan disc brake,” pungkasnya.
Warna
Di Indonesia, Honda CB150R disediakan 4 pilihan warna yaitu: Speedy White, Lightning White, Astro Black, dan Furious Red. AHM menargetkan penjualan Honda CB150R StreetFire mencapai 15.000 unit/bulan.

  • Panjang x Lebar x Tinggi: 2.008 x 719 x 1.061 mm
  • Jarak Sumbu Roda: 1.288 mm
  • Jarak Terendah ke Tanah: 148 mm
  • Ketinggian Tempat Duduk: 790 mm
  • Berat Kosong: 129 kg
  • Radius Putar Minimum: 1.980 mm
  • Kapasitas Tangki Bahan Bakar: 12 liter
  • Tipe Mesin: 4-Langkah, DOHC, 4-Katup, Silinder Tunggal
  • Kapasitas: 149,48 cc
  • Sistem Pendinginan: Pendingin Cairan (Radiator) dengan Kipas Elektris Otomatis
  • Sistem Suplai Bahan Bakar: Injeksi (PGM-FI/ Programmed Fuel Injection)
  • Diameter x Langkah: 63,5 x 47,2 mm
  • Tipe Transmisi: 6-Speed
  • Pola Pengoperan Gigi: 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 – 6
  • Perbandingan Kompresi: 11 : 1
  • Daya Maksimum: 12,5 kW (17,0 PS)/ 10.000 rpm
  • Torsi Maksimum: 13,1 Nm (1,34 kgf.m)/ 8.000 rpm
  • Tipe Starter: Pedal & Elektrik
  • Tipe Kopling: Manual, Wet Multiplate with Coil Springs
  • Kapasitas Minyak Pelumas: 1 Liter pada Penggantian Periodik
  • Tipe Rangka: Diamond Steel (Truss Frame/ Trellis Type)
  • Ukuran Ban Depan: 80/90 – 17M/C 44P (Tubeless)
  • Ukuran Ban Belakang: 100/80 – 17M/C 52P (Tubeless)
  • Tipe Rem Depan: Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda
  • Tipe Rem Belakang: Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal
  • Tipe Suspensi Depan: Teleskopik
  • Tipe Suspensi Belakang: Lengan Ayun dengan Suspensi Tunggal (Sistem Suspensi Prol-Link)
  • Tipe Baterai: MF 12 V – 5 Ah
  • Tipe Pengapian: Full Transistorized
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Konsumsi Bahan Bakar / Mesin / Spesifikasi Mesin. dengan judul CB150R vs CBR. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://planetotomania.blogspot.com/2013/01/cb150r-vs-cbr.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: agustinus yosi - Minggu, 20 Januari 2013

Belum ada komentar untuk "CB150R vs CBR"

Posting Komentar