Kawasaki Ninja 250 vs CBR 250
Jika Melihat
Sejarah nya untuk motor berkapasitas 250 cc 4 tak ....Kawasaki sudah
menancapkan merek nya untuk 20 tahun lebih dan menjadi pemimpin market
di kelas ini ....ketika di keluarkan pada tahun 2008 .....hanya Migelli
saja yang menjadi kompetitor nya untuk motor berkapasitas 250
cc.....Kita mungkin sempat berpikir ...kenapa tidak ada pabrikan motor
jepang yang lain yang terjun untuk meramaikan pasar motor di kelas 250
cc ini ......tahun 2011 Honda meluncurkan CBR 250 cc nya yang mungkin
akan menjadi pesaing berat kawasaki ninja 250 cc...
Dengan
Konfigurasi yang berbeda dengan kawasaki ....Honda mempersenjatai CBR
250 nya dengan mesin satu silinder dan dilengkapi dengan sistem injeksi
pada bahan bakar nya ..membuat CBR mempunyai kelebihan dibandingkan
dengan Kawasaki yang masih memakai karburator untuk sistem bahan bakar
nya ...
Ketika
Pertama Hidup di pagi hari ...Kawasaki harus membutuhkan Choke untuk
Hidup dan beberapa waktu untuk pemanasan .....Jika mengingat akan
teknologi yang sudah maju dan pemakaian sistem injeksi .....hmmm
...sedikit old fashion harus menggunakan choke dan pemanasan motor
...sebelum motor bisa langsung di jalankan....kita sebut saja pelajaran
sejarah untuk para pengendara motor yang baru mencoba memiliki sebuah
motor berkapasitas 250 cc...
Meskipun
sedikit tertinggal pada sistem bahan bakar .....Mesin 2 silinder
pararel kawasaki menghasilkan Power terbesar yaitu 24,9 tenaga kuda
ketika di test di mesin dyno superflow thomason gene pada putaran mesin
10.250 rpm. Kita memang berharap mesin 2 silinder pararel kawasaki ini
mempunyai power yang lebih besar jika dibandingkan dengan mesin 1
silinder dari honda ...dikarenakan konfigurasi 2 silinder pararel lebih
efisien....
Walaupun
mesin kawasaki memiliki tenaga kuda yang lebih besar ...tapi seperti
nya kurang galak kalau di pakai di perkotaan pada kondisi jalan
macet....hal ini di dukung dengan data yang dihasilkna dari Mesin dyno
test....tenaga si hijau ini baru terasa ketika putaran mesin menyentuh
9000 rpm dari 13.000 rpm yang tersedia...Konfigurasi tenaga
mesin seperti ini akan cocok untuk di bawa touring atau dipakai di trek
balapan.....tapi ketika memasuki trek perkotaan dengan kondisi padat
...anda harus pintar pintar memainkan transmisi 6 percepatan yang di
miliki si hijau untuk menjaga mesin berada pada putaran tinggi
....untungnya si hijau ini sudah di lengkapi dengan sistem transmisi
yang halus juga kopling yang ringan ...
Mesin
ninja 250 juga memiliki torsi yang lebih kecil jika di bandingkan
dengan Kompetitor nya CBR 250 sistem karburator yang mungkin sudah di
rasa kurang modern juga memberikan kesan soft pada torsi di putaran
mesin rendah....mesin kawasaki ninja 250 menghasilkan torsi puncak
sebesar 13 ft-lb diputaran 9250 rpm.
Sedangkan CBR menghasilkan 22.6 tenaga kuda pada putaran mesin 9250 rpm dengan torsi maksimal 15.1
ft-lb pada putaran mesin 6750 rpm dan sudah menghasilkan 11 ft-lb pada
putaran mesin 3000 rpm. Sedangkan kawasaki menghasilkan torsi yang sama
pada putaran mesin 8000 rpm..
Untuk Tempat Duduk Baik CBR maupun Ninja mempunyai tinggi yang sama,
Untuk
Dimensi CBR memiliki dimensi yang lebih kecil dikarenakan menggunakan
mesin 1 cylinder , Memiliki panjang sumbu roda yang lebih pendek 53.9
inch ( 136.9 cm). Sedangkan Ninja memiliki panjang sumbu roda 55.1 inch (
139.95 cm ). Selain itu untuk berat juga Motor CBR di untungkan lagi
karena menggunakan mesin 1 cylinder ....dengan kondisi tank terisi penuh
berat CBR 359 lbs ( 162.64 kg ). Apabila menggunakan CBR yang di
lengkapi dengan ABS ...terjadi penambahan bobot 8 lbs ( 3.63 kg ). Bobot
CBR ber ABS ini tetap lebih ringan 8 lbs jika dibandingkan dengan
Kompetitor nya Ninja yang mempunyai berat 375 lbs ( 170,1 kg).
Keuntungan
lain nya dari CBR ketika diajak bermanuver di kota adalah bobot nya
yang ringan, dipadukan dengan jarak sumbu roda yang pendek, dengan Torsi
mesin dan perbandingan gigi 1 yang ringan akan membuat CBR
berakselerasi lebih cepat meninggalkan kompetitor nya ninja 250.
Dan
ketika anda melewati kemacetan kota menggunakan Ninja 250, maka
dipastikan anda akan sedikit menggerutu bahkan frustasi karena kombinasi
tenaga dan body ninja 250 tidak cocok untuk bermanuver dan melewati
Kemacetan dalam kota...
Untuk Trek Lurus
..mesin honda agak sedikit terengah engah ...karena untuk mencapai 80
mile/jam atau sekitar 129 km/jam motor ini sudah berada di 8500 rpm dan
tidak banyak tenaga tersisa untuk melanjutkan ke kecepatan yang lebih
tinggi ...tetapi hebat nya honda ...pada kecepatan itu ....getaran yang
dihasilkan oleh mesin terasa masih halus jika di bandingkan dengan motor
lain yang mempunyai konfigurasi single silinder dengan kapasitas yang
sama...
Untuk Trek Lurus ini motor Kawasaki
Ninja 250 lebih bersinar di bandingkan dengan CBR....konfigurasi power
ninja lebih menguntungkan karena menghasilkan lebih banyak tenaga kuda
pada putaran rpm tinggi dibandingkan dengan CBR....
Tetapi
untuk Pemakaian dalam Kota ...lebih disarankan untuk memilih CBR karena
kita jarang sekali menggunakan kecepatan tinggi terus menerus...
Tetapi
Kawasaki Ninja 250 merupakan Motor favorit yang banyak di gunakan oleh
para riders yang ingin memulai karir balap professional mereka di kelas
250 cc...sedangkan CBR sebagai pendatang baru ingin mengembalikan Citra
dan warisan nama dari legenda CBR sebagai motor balap...
Pengetesan
berlanjut melalui jalan berliku ...kedua sepeda motor di lengkapi
dengan 37 mm shock depan dan dikombinasikan dengan sistem uni trek
kawasaki sendangkan honda dengan sistem Prolink membuat kedua motor ini
dirasa nyaman untuk melewati tikungan tikungan tanpa ada nya komplain
terhadap shockbreaker yang di pakai....
Untuk
tenaga kawasaki disini di unggulkan dibandingkan dengan honda....karena
dalam posisi putaran tinggi mesin kawasaki bisa memuntahkan tenaga lebih
besar ...sehingga bisa lebih cepat ketika berakselerasi keluar dari
tikungan di bandingkan dengan honda.....itulah sebabnya ...kita masih
merekomendasikan Kawasaki untuk Pemakaian di trek balap atau di trek
touring luar kota....karena ketika berbicara mengenai balapan dan
touring Tenaga mesin masih menjadi raja yang menentukan posisi terdepan
....
Untuk sistem pengereman tidak terlalu
berbeda jauh ....kawasaki dilengkapi dengan cakram berukuram 290 mm
dengan dua piston kaliper, sedangkan Honda dilengkapi dengan piringan
berdiameter 296 mm dengan dua piston kaliper.....
Untuk Konsumsi
bahan bakar ...Honda lebih di unggulkan dengan menggunakan sistem
injeksi bahan bakar dan dapat menempuh 1 liter bahan bakar untuk 24
km....sedangkan kawasaki yang masih menggunakan sistem karburator hanya
dapat menempuh 19 km untuk 1 liter bahan bakar....
Untuk menyeimbangkan keadaan karena Pada posisi terakhir yang diperoleh dari sumber berita ...kawasaki di tempatkan pada posisi kedua setelah CBR ....adalah satu hal yang tidak di bahas oleh Sumber berita www.motorcycle.com adalah mengenai Suara mesin dan Feeling mengendarai Moge yang tidak didapat ketika anda mengendarai CBR 250..jadiii Silahkan dipilih sendiri yaaaaah .....mau motor hi tech yang mudah di kendarai di perkotaan, atau motor dengan feeling moge yang gagah dari segi suara dan penampilan.......Peaceeee...
Untuk menyeimbangkan keadaan karena Pada posisi terakhir yang diperoleh dari sumber berita ...kawasaki di tempatkan pada posisi kedua setelah CBR ....adalah satu hal yang tidak di bahas oleh Sumber berita www.motorcycle.com adalah mengenai Suara mesin dan Feeling mengendarai Moge yang tidak didapat ketika anda mengendarai CBR 250..jadiii Silahkan dipilih sendiri yaaaaah .....mau motor hi tech yang mudah di kendarai di perkotaan, atau motor dengan feeling moge yang gagah dari segi suara dan penampilan.......Peaceeee...
Inti dari perbandingan untuk kedua motor ini
adalah seimbang dengan menempatkan Honda untuk kelincahan, dan kawasaki
untuk Tenaga...
0 komentar:
Posting Komentar