Modifikasi DRAG HONDA C70
Bagi yang suka motor keceng, silahkan belajar di artikel dibawah ini :
pengalaman sangat berharga dan berkesan kita masih diberi kesehatan pula kesempatan mengikuti event National Dragrace yang diselenggarakan klub kuntul surabaya. Hajatan ini tercipta untuk meramaikan ulang tahun ke-2 klub kuntul surabaya ,mengundang seluruh klub pemilik honda c-70 se Indonesia, wow!! Selain bertujuan mewadahi kreatifitas mekanik dan memacu adrenalin peserta balap, lebih utamanya adalah mempererat persaudaraan dan silaturahmi antar biker. Tidak hanya dari pemilik honda c-70 atau seringkali disebut honda ulung / kuntul di surabaya, bahkan pengunjung yang hadir ke arena bisa mengambil teladan melihat kekompakan antar klub dan persaudaraan pemilik motor, benar-benar suasana hangat dan menyenangkan.
Lha kok RAT jadi ikutan kesini…? Euvoria
honda kuntul ini datang ketika salah satu mekanik RAT membaca selebaran
yang dibawa ke bengkel dan tertarik mengikuti. Sasaran korbannya adalah
honda grand tahun 1991 milik office boy RAT yang biasa dipakai untuk
belanja sparepart dan ke tukang bubut. Waduh, melihat wujudnya aja sudah
ndak karu-karuan, oli meler disana-sini di sektor mesinnya, bodi sudah
agak keropos di bawah jok, jok nya dedel duwel… Hahaha Najis deh
pokoknya!
Sebelum memutuskan kita cek ulang di website kuntul club surabaya
kemudian kita telpon panitia , ternyata setir diwajibkan berbentuk
honda c-70 dan harus terpasang selebor belakang model duck tail original
c-70. Weleh…weleh… diadakan rapat crew, diputuskan ikut di kelas bore
up 115cc saja dibanding harus memaksa turun di FFA, mempertimbangkan
biaya yang sumbernya hasil patungan anak-anak wkwkwkw… Esoknya hunting
dulu part c70, kontak temen-temen minta bantuan, yang ditelp malah nanya
balik .. Dibilangin kita mau ikut drag honda kuntul malah ga percaya.
Cape deh…
Setelah dapat part, langsung rangka motor
diungsikan ke tukang las, dirombak menyerupai honda cub. Mesin langsung
diturunkan, pengerjaan lebih banyak dalam hal blueprinting, alias
menata dan mengganti barang yang rusak. Seperti misal mengganti
connecting rod dan bearing kruk as, karena mepet dana ya cukup pake
stang MPM aja dan bearing kruk as NTN. Penting untuk melakukan balans
ulang dan centering as kiri dan kanan. Setelah semua balik ke titik nol
dengan toleransi 0,02mm, maka dilakukan hardening supaya kruk as tidak
mudah melintir / oleng ketika digeber. Transmisi mengalami perubahan
pada gigi 1 dan 2 nya diperberat, sehingga nantinya lebih close saat
perpindahan gigi dan diberi final gir ringan 13t/37t.
Sisi kanan rumah kopling sentrifugal di
matikan , kampas sentrifugal dilepas mengejar bobot penyeimbang hingga
900 gram. Kampas kopling diganti baru , pir kopling memakai milik honda
GL dipotong. Tak lupa mereparasi karet peredam hentakan rumah kopling.
Bak kopling asli dimodifikasi dengan tuas manual.
Sisi kiri masih mengandalkan kontruksi
standard, magnit dan spool honda grand original, hanya disisakan spool
pengapian. Saat seting sempat dicobakan kit pengapian racing dcpotkan
dari motor drag, namun kendali motor jadi terlalu liar — berasa motor
balap beneran, padahal ini kan konsepnya motor turing yang bisa diajak
balapan heheheh… Toh yang rencana naikin bukan pembalap, ialah
mekaniknya sendiri + office boy nya RAT wakakaka…
Nah masuk ke sisi penting dapur pacu,
liner asli grand dilengserkan dengan liner baru buatan pabrikan bioli
surabaya yang dipercaya untuk mengawal gerak naik turun piston kaze
oversize 1.00 NPP japan. Jika dihitung-hitung pun dengan langkah asli,
kapasitas mesin tidak mencapai 115cc, jadi ya nge-pur kubikasi silinder
sedikit hehehe… Kepala silinder inginnya sih diganti klep gede, tapi
ilmu murmerceng dulu saja dikeluarkan, klep dibubut model back cut dan
seating dimodifikasi ulang derajatnya. Dirasa cukup untuk mengalirkan
bahan-bakar dan udara lewat porting standard yang diperhalus kulit
jeruknya.
Kubah ruang bakar dipangkas hingga squish
bawaan pabrik hilang, dan dibentuk ulang squish selebar 53mm bersudut 9
derajat. Atap piston kaze pun mengalami pemendekan +- 1mm sebelum
dibentuk ulang dengan sudut 8 derajat. Sumber insipirasi untuk
mengembangkan tenaga mesin dengan kapasitas kecil ini adalah artikel
David Vizard tentang small bore power selalu terbukti buat kami. Pasokan bahan bakar tidak tanggung-tanggung
diserahkan pada karburator keihin pe28mm, yang masih direamer ulang dan
diganti piston skep lebih besar dari bahan stainless hingga menggapai
venturi 31milimeter. Tatanan pilot jet dan main jet dihajar pada ukuran
#52/#130.
Noken as dihajar habis ditambal las untuk
menggemukkan profil, lift dikejar hingga 7.5 milimeter. Aslinya noken
as ini dicabutkan dari motor grand yang dipake buat balap malam hehehe…
kalau untuk harian cukup pakai noken as lift 6,5mm. Pokoknya cukup untuk
mendongkrak putaran atas, rpm dijaga oleh pir klep suzuki shogun 110.
Knalpot andalan special order dari SPS
alias Sahek Production Sip hehehe… langganan pengrajin knalpot kita.
Dengan leher diameter 23,5 milimeter, pipa dibawah kalter kopling
mengerucut, dan diameter sarangan knalpot 30 milimeter saja dirasa cukup
untuk menarik gas sisa pembakaran keluar.
Pengapian mengandalkan cdi standard honda
grand dan koil standardnya. Maklum ngirit biaya, lagipula cdi standard
udah ga ada limiter, mana masih buatan jepang lagi hehehe… Busi?
Standard honda denso, ga usah gaya beli iridium. Bahan bakar ? Premium…
secara kompresi ga begitu tinggi, ngirit…
Rangka jadi, langsung di labur cat hitam
dop, menjadi honda ulung black magic… Ganti velg dan ban dipinjam dari
motor balap. Hehehe.. Ngga modal amat. H-2 motor jadi mepet banget
setelah dilembur sistem kebut semalam. Besoknya daftar, scrutinering,
dan datanglah hari yang dinanti…
Event nya luar biasa ramai, ratusan motor
honda cub berkumpul, ribuan pengunjung datang dengan tiket paddock yang
murah – meriah hanya rp. 2000,- saja. Sampe disana malah jadi orang
katrok, tolah-toleh, motor-motor tua tapi sudah dirombak habis rapih dan
keren, serta mesinnya sudah dimodifikasi minimal pada pakai cylinder
head -blok grand, banyak pakai legenda , ada juga yang pakai cylinder
head -blok honda blade, swap pakai blok dan head yamaha mio, atau
jupiter. Lebih ekstreem lagi para peserta kelas FFA menanamkan cylinder
head dan blok tiger. Waduh… !! Kok motor-motor dewa gini yang berkumpul…
wakakkakaka….keren-keren…
Di dalam auranya begitu hangat bersahabat
–tatkala acara dimulai tepat pukul 9 pagi, para peserta dikumpulkan dan
briefing oleh panitia tim Surabaya Drag Community atau lebih dikenal
dengan SDC201. Bagaimana regulasi jalannya lomba, di demokan lampu
startnya, bagaimana catatan waktu dikeluarkan setelah lomba. Seru
sekali, gathering seperti ini diimbuhi adanya balap drag. Wah jadi
membayangkan kalau klub-klub lain juga mengadakan acara serupa, ramai
deh pastinya…
Jawara FFA akan memperebutkan piala
bergilir walikota Surabaya, waduh ngiler liat pialanya keren!! Jadi
karena bergilir berarti masih ada kesempatan buat menggilir bukan
sekarang, mungkin nanti ada yang pengen bikin motor c-70 spec FFA
hehehe… bisa buat turing kok ^_^
Saat acara berlangsung saya malah
muter-muter belanja merchandise, kaos, melirik part second honda c-70.
Jadi tahu ternyata setir nya saja bisa lebih dari 300,000,- wow,
mendekati harga setir drag thailand. Untung kok saya kemaren cuma minta,
hahaha.. setir dan selebor belakang minta semua wkwkwk, gak modal blas.
Cuman jok aja bayar, soalnya gak kenal sama tukang bekleed jok. Hihihi…
Ditengah-tengah acara kok penonton ramai pada sorak-sorak ramai
berteriak dan tertawa liat peserta bergaya joki balap liar alias motor
ditiruin seakan terbang layaknya superman, setelah saya toleh, walah
ternyata si Abbyy sang mekanik bertingkah konyol.
Lagi enak-enaknya ambil dokumentasi
foto-foto, terjadi heboh lagi di tengah paddock, para penonton berteriak
ramai, ternyata ada salah seorang peserta yang mencoba start motor di
paddock dan tidak dapat mengerem motornya hingga menabrak motor panitia
yang diparkir melintang di tengah jalan. Duh kasiannya, melas sekali…
Belum keramas kali semalam, pikirku. Hahaha… Tapi setelah dilihat-lihat
kok kaya motor kita, ya ampun… ternyata office boy RAT udah terjengkang
di tengah jalan mengaduh-aduh , Hahahaha… bikin malu aja tuh anak
koplak!
Hebatnya karena tema eventnya
persaudaraan jadi ya malah ditolongin, coba dijalan pasti malah di
pentungin orang wkwkwk… Motor kita velg depan melengkung, ban luar
lubang, ban dalam pecah. Motor panitia footpegnya bengkok, spion pecah,
pedal rem melesek. Hadee… lain kali dibuat penghalang kursi aja deh biar
rada irit kalo ketabrak,,, wele-wele… Setelah si OB dan krew minta maaf
dan menyelesaikan bersama panitia, bingung lah kita karena motor ga
bisa dibuat jalan. Eh ternyata tetangga sebelah paddock yang berasal
dari jember berkenan meminjamkan ban depannya, syukur… Tanpa buang
waktu langsung kita lukir ban depan, meski ban depannya Radial (alias
Radi Alus sudah mau habis) gak papa lah, Hahaha… yang penting bisa gas
lagi!! Si OB ditanyain apa masih sanggup ngegas? karena kayanya kok
kesakitan dada dan kaki nya… Ternyata si doi masih tetep semangat! Tidak
ingin kehilangan kesempatan. Gass… Eh masih masuk 9 besar.
Harapan terakhir jatuh pada didikan baru
RAT , penampilan perdana joki bergigi bogang dan berambut keriwil, si
Adi wil-wil… meski kakinya harus nge-jinjit pula masih ragu-ragu membuka
gas namun mentalnya dihadapan banyak orang lumayan lah hehehe… tak ayal
akhirnya si kriwil bisa dapat menapaki podium ke-3, dimana podium
pertama pun jatuh pada teman mekanik dari bondowoso
Mantap lah… Siang itu begitu heboh dan berkesan sekali. Hadiah-hadiah
dan piala diserahkan, sesi foto-foto kemenangan , bersalam-salaman
sebelum pulang, hingga konvoi beramai-ramai di jalan saat pulang. Semua
adalah kenangan istimewa. Semoga kemesraan seperti itu tidak cepat
berlalu… Dan menjadi contoh untuk klub-klub lain mengadakan acara serupa
yang seru, kami pun pasti siap berpartisipasi merusuhi acara hahahhaha
Meski besok si OB tetap menjadi OB kembali, dan motor honda cub nya
dipakai untuk belanja dan mengantar part ke bengkel bubut, dan kami
bekerja mereparasi motor-motor pelanggan serta mengerjakan orderan,
namun kenanagan indah 11 Maret 2012 bersama keluarga kuntul surabaya dan
keluarga besar pemilik motor honda c70 se-Indonesia akan tetap di hati.
Si honda black magic pun setia menunggu hajatan berikutnya…
0 komentar:
Posting Komentar