Pernyataan yang dilontarkan oleh GM Marketing Planning & Analysis Div PT Astra Honda Motor, A Indraputra bukan asal berkoar. Tapi didasarkan hasil survey yang dilakukan pabrikan sepeda motor terbesar di Indonesia ini.
“Sepeda motor tipe sport adalah aspirasi
kebanyakan pengguna motor di Indonesia,” buka Indraputra. “Kalau
disurvey dan ditanya mau beli motor apa, kebanyakan maunya sport. Tapi
harga sepeda motor sport kebanyakan cukup tinggi,” jelas pria ramah ini.
“Maka dari itu, kami menghadirkan motor
sport dengan harga kompetitif lewat Verza 150. Sehingga mimpi itu bisa
jadi kenyataan,” sambung pria berkacamata ini.
Honda Verza 150 ini dibanderol Rp 16,050
juta untuk model spoke wheel dan Rp 16,9 juta untuk varian casting
wheel atau pelek racing. Harga ini adalah harga on the road Jakarta. Di
beberapa daerah, harga jualnya bisa sedikit berbeda.
Bisa dibilang, Honda Verza 150 adalah
motor sport untuk pemula. Peralihan dari pengguna bebek high end yang
naik kelas ke sepeda motor batangan. Maka, Honda pun masih menyematkan
beberapa keunggulan bebek ke motor yang enggak mau dibilang motor sport
murah ini.
“Salah satunya adalah keiritannya. Tidak
boleh jauh dari bebek yang menawarkan hemat bahan bakar,” jelasnya.
Honda lewat metode pengetesan ECE R40, mengklaim konsumsi bahan bakarnya
mencapai 48 km/liter.
Kemampuan hemat bahan bakar ini
diperoleh dari penggunaan mesin 1 silinder SOHC berkapasitas ruang bakar
150 cc dan telah dilengkapi dengan sistem injeksi bahan bakar PGM-FI.
“Mesin ini basis nya dari New MegaPro tapi sudah injeksi,” beber
Indraputra.
Bila melihat ke belakang, sebenarnya
Honda pernah sukses di kelas sepeda motor sport entry level di awal
tahun 2000 an. Saat itu Honda punya dua unggulan yaitu Honda GL Max dan
Honda Win. Tapi sayang keduanya telah discontinue. Seperti ingin kembali
ke masa keemasannya, Honda pun hadir kembali lewat Verza 150 ini.
Di pasar sport entry level, tidak banyak
pabrikan yang bermain di sini. Beberapa kompetitornya adalah Suzuki
Thunder 125 dan Bajaj Pulsar 135.
Spesifikasi Honda Verza 150
Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi : 2.056 x 742 x 1.054 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.318 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 156 mm
Ketinggian Tempat Duduk : 773 mm
Berat Kosong : 129 kg
Radius Putar Minimum : 2.000 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 12,2 Liter
Jarak Sumbu Roda : 1.318 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 156 mm
Ketinggian Tempat Duduk : 773 mm
Berat Kosong : 129 kg
Radius Putar Minimum : 2.000 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 12,2 Liter
Kelistrikan
Tipe Pengapian : Full Transistorized
Tipe Baterai/Aki : 12V – 3,5Ah
Tipe Busi : NGK CPR9EA-9
Tipe Baterai/Aki : 12V – 3,5Ah
Tipe Busi : NGK CPR9EA-9
Mesin
Tipe Mesin : 4 Langkah SOHC Silinder Tunggal
Volume Langkah : 149,2 cm³
Sistem Pendinginan : Berpendingin Udara
Sistem Suplai Bahan Bakar : Injeksi (PGM-FI/Programmed Fuel Injection)
Diameter x Langkah : 57,3 x 57,8 mm
Tipe Transmisi : 5 Kecepatan
Pola Pengoperan Gigi : 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5
Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1
Daya Maksimum : 9,72 kW (13,2 PS) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum : 12,7 Nm (1,29 kgf.m) / 6.000 rpm
Tipe Starter : Starter Kaki dan Starter Elektrik
Tipe Kopling : Manual, Multiplate Wet Clutch
Kapasitas Minyak Pelumas : 1,0 Liter pada Penggantian Periodik
Volume Langkah : 149,2 cm³
Sistem Pendinginan : Berpendingin Udara
Sistem Suplai Bahan Bakar : Injeksi (PGM-FI/Programmed Fuel Injection)
Diameter x Langkah : 57,3 x 57,8 mm
Tipe Transmisi : 5 Kecepatan
Pola Pengoperan Gigi : 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5
Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1
Daya Maksimum : 9,72 kW (13,2 PS) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum : 12,7 Nm (1,29 kgf.m) / 6.000 rpm
Tipe Starter : Starter Kaki dan Starter Elektrik
Tipe Kopling : Manual, Multiplate Wet Clutch
Kapasitas Minyak Pelumas : 1,0 Liter pada Penggantian Periodik
Rangka
Tipe Rangka : Diamond Steel
Ukuran Ban Depan : 80/100 – 17 M/C 46 P (CW : Tubeless)
Ukuran Ban Belakang : 100/90 – 17 M/C 55P (CW : Tubeless)
Tipe Rem Depan : Cakram Hidrolik dengan Piston Ganda
Tipe Rem Belakang : Tromol
Tipe Suspensi Depan : Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang : Suspensi Ganda
Ukuran Ban Depan : 80/100 – 17 M/C 46 P (CW : Tubeless)
Ukuran Ban Belakang : 100/90 – 17 M/C 55P (CW : Tubeless)
Tipe Rem Depan : Cakram Hidrolik dengan Piston Ganda
Tipe Rem Belakang : Tromol
Tipe Suspensi Depan : Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang : Suspensi Ganda
0 komentar:
Posting Komentar