Iklan

Kamis, 09 November 2017

RAHASIA VESPA BALAP


Vespaindonesia.net - Mengoptimalkan performa vespa dengan meng-upgrade perangkat di dalam mesin agar lebih kencang tenaga dan gahar suaranya, memang bisa jadi kebanggaan serta kepuasan tersendiri bagi si pemiliknya, apalagi kencang dan gahar tersebut dibarengi dengan sejumlah prestasi, misal: menjuarai balapan vespa, baik itu roadrace atau pun dragrace.

Pingin lengkap soal Otomotif ? KLIK DI SINI https://planetotomania.blogspot.co.id/


''Wabah'' vespa balap di Indonesia memang masih baru, terhitung ramai sejak tahun 2000an masuk ke Indonesia, berbeda dengan negara-negara pengadopsi vespa balap seperti: Italia, Belgia, Jerman atau Inggris yang sudah jauh lebih dulu, tepatnya pada awal tahun '80an. Namun jangan salah masbro, walaupun masih terbilang masih baru, "wabah" vespa balap sudah banyak diadopsi oleh berbagai kalangan modifikator vespa, baik itu amatir maupun profesional.

Ini bisa dibuktikan dari deretan acara vespa balap drag race ataupun road race yang sering diselenggarakan hampir setiap tahun di berbagai Kota di Indonesia, terlebih pasca diberdirikannya wadah vespa balap yang bernama VBI (Vespa Balap Indonesia). 

Tentu mengikuti ajang balap vespa atau hanya sekadar mengorek vespa untuk meningkatkan performa agar lebih kencang dan gahar tidak sembarang, dan pasti ada formula khususnya. Untuk itu pada artikel kali saya akan membagikan pada masbro formula khusus tersebut, silakan simak. 

4.bp.blogspot.com

 
                                               Cara Korek Mesin Vespa Buat Balap   

1. Seher dan Stang Seher
Ganti seher masbro dengan RX King over size 175 s/d 225, dan Stang seher dengan RX Z. Pergantian seher ini berguna mengangkat tenaga motor agar tarikan lebih enteng dan memperbesar ruang bakar dalam dapur pacu.

2. Pengapian
Pengapian vespa mencakup beberapa perangkat, yakni: CDI, Koil, Fulser, Dan Spul jalan. Biarkan perangkat pengapian ini tetap pada versi originalnya, terkecuali pada bagian koil: masbro harus mengganti koil Vespa dengan koil Yamaha YZ, gunanya agar pengapian lebih besar dan berwarna biru cerah, sehingga pembakaran lebih sempurna.

3. Magnet
Magnet Vespa acuan balap adalah magnet excel, bubut tersebut hingga bebannya hanya 1,7kg s/d 2kg. Berat original magnet excel 3kg. Alternatif magnet lain adalah Yamaha Mio (Arus pengapian harus berganti menjadi DC) dan Yamaha RX King (Play n Plug).

4. Karburator 
Di sektor karburator, masbro wajib menggantinya dengan karburator 26 atau 28. Hal ini bertujuan supaya suplai bensin dan pengapian seimbang (tidak mudah panas dan ngejim).

5. Boring
Boring yang digunakan untuk balap vespa cukup menggunakan boring standar (acuannya vespa excel) perbesar lubang-lubang yang berada dalam boring, sesuaikan dengan diameter seher. Jika seher menggunakan ukuran 225, maka untuk memapas lubang-lubang dalam boring adalah di kisaran angka 2mm s/d 2.5mm.

6. Silinder Head.
pangkas total permukaan silinder head hingga rata, untuk ukuran pasnya adalah 1,5 sampai 2mm.

7. Knalpot
Gunakan knalpot racing, pengaplikasian knalpot racing bertujuan untuk menyeimbangkan dengan spesifikasi mesin yang sudah diupgrade.

8. Per Kopling
Untuk akselerasi dan penunjang performa motor agar lebih responsif, gunakan per kopling racing seperti dari malossi atau polini.

Demikianlah masbro artikel yang bisa saya suguhkan pada kali ini perihal: cara korek mesin vespa buat balap. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar