Iklan

Kamis, 21 Februari 2013



Jakarta - Salam kenal Mas Topo, saya punya honda Cetol/C70 tahun 1976 yang sudah saya modifikasi kadarnya, yaitu dengan mengganti mesinnya dengan mesin Honda Grand 1997.

Meskipun motor ini hanya saya gunakan saat-saat liburan, tetapi saya ingin Cetol saya bisa wuss wuus lari kenceng.


Saya berniat mengganti piston dan klepnya dengan Kawazaki Kaze, mohon petunjuk dan saran Mas Topo tentang perubahan apa saja yang harus saya lakukan di sektor mesin dan pengapian.

Terima kasih
Panji

Jawaban:

Salam kenal juga Mas Panji, langsung saja ya Mas. Performa Honda C70 memang standarnya masih terbilang jadul tekologinya. Dengan pengantian mesin Honda Grand langkah yang dilakukan sudah benar dan penggantian seher atau bore up Kaze pun tidak salah.


Sekarang tinggal bagaimana menyesuaikan kebutuhan buat penyesuaiannya saja. Menurut saya akan lebih baik kalau diimbangi dengan pembesaran klep in dan outnya dengan aplikasi punya Honda Sonik yang pemasangannya dibarengi dengan porting polish silinder headnya juga.


Setelah itu aplikasi noken asnya juga lebih baik disesuaikan juga dengan mengganti tipe racing atau memodifikasi standartnya sesuai kebutuhan.


Untuk di sektor pengapian bisa juga mengganti dengan pengapian CDI tentunya sumber listrik di magnetnya juga disesuaikan pula, lebih bagus sekarang sudah banyak aplikasi CDI racing yang sudah beredar di pasaran yang tipe dan kebutuhannya bisa dipilih.


Selanjutnya penyesuaian di bagian karburator bisa aplikasi punya karbu konvensional atau yang tidak vakum yang tipenya bisa diaplikasi dari crosspart motor lain.


Terakir pemakaian knalpot yang sesuai bisa diterapkan untuk setting akhir yang dibarengi dengan seting kebutuhan spuyer dan gir percepatannya.


Demikian sedikit dari saya semoga bisa membantu. Salam.

0 komentar:

Posting Komentar